Halaman

Kamis, 04 Desember 2008

Apa sih ELPIJI (LPG)

Bahan dasar dari ELPIJI adalah campuran dari Propane (C2H4) sebesar 68 %, Propane (C3H8) sebesar 30 % dan Pentana 2% itulah yang dipakai sebagai bahan dasar ELPIJI (LPG). ELPIJI merupakan Merk Dagang PT. PERTAMINA diambil dari kata LPG (Liquified Petroleum Gases), sebenarnya gas ELPIJI ini tidak memiliki bau tetapi demi keamanan diberikan zat pembau namanya Ethyl atau Buthyl Mercapthan, jadi apabila terjadi kebocoran dapat terdeteksi melalui indra penciuman.

Efek yang ditimbulkan apabila gas ELPIJI mengenai bagian tubuh kita bisa menyebabkan iritasi dan luka beku pada kulit, tata cara pertolongannya adalah sebagai berikut :

  1. Kontak Mata : Bilas dengan air sebanyak-banyaknya, jika terjadi iritasi segeralah periksakan ke Dokter.
  2. Kontak Kulit : Cucilah bagian kulit yang terkena gas dengan air hangat selama 30-60 menit.
  3. Apabila terhirup akan terjadi gejala Aspiksia, iritasi saluran nafas, pusing, mual dan pingsan oleh karena itu segera hubungi Dokter.
Data tersebut di atas saya peroleh berdasarkan Lembar Data Keselamatan Bahan/Material dari PT. PERTAMINA , yang dijadikan sebagai pedoman untuk penanggulangan apabila terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh gas ELPIJI.

Dari uraian diatas mudah-mudahan dapat membantu anda untuk petolongan pertama apabila anda mengalami hal tersebut diatas.

Tidak ada komentar: